Memanfaatkan Pekarangan Rumah Sebagai Tempat Budidaya Tanaman Sayur dan Tanaman Obat

Aktivitas budidaya tanaman saat ini banyak dipilih masyarakat Desa Senayan untuk mengisi waktu luang di masa pandemi. Bibit tanaman diperoleh dari bantuan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 500 bibit untuk sayuran dan 500 bibit untuk tanaman obat. Melalui kegiatan ini, tanpa disadari budidaya tanaman sayuran di pekarangan rumah dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Setidaknya ada banyak dampak positif yang ditimbulkan dari kegiatan berkebun tanaman sayuran di pekarangan rumah, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Salah satu kontribusi bagi gaya hidup sehat adalah jaminan konsumsi sayuran organik yang lebih mudah dan lebih terjangkau. Hal ini disebabkan proses penanaman sayuran dapat diawasi langsung oleh masyarakat itu sendiri. Sehingga tidak perlu khawatir akan pestisida atau zat kimia lainnya yang terkandung dalam sayuran yang akan dikonsumsi.

Mengutip laman Trubus, dampak positif lainnya dari budidaya tanaman sayuran di rumah adalah menciptakan kondisi ramah lingkungan. Sampah dapur organik yang tidak terpakai lagi, nantinya bisa didaur ulang menjadi pupuk kompos. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi keberlangsungan alam khususnya bagi penurunan karbon dioksida hasil pengolahan sampah konvensional.

Alamat Kami
Senayan, Sumbawa Barat
082 341 941 552
082 341 941 552
Laporan Desa Terbaru
Produk Hukum Terbaru
Info Terbaru
Pengunjung